Selasa, 22 Januari 2013

Pabrik keluarkan bau busuk di Prancis

Terbaru  22 Januari 2013 - 19:18 WIB
Lubrizol
Lubrizol memproduksi bahan tambahan gas alam untuk cat dan pelumas.
Gas bocor dari pabrik kimia menimbulkan bau busuk di kawasan Prancis utara sehingga ribuan warga mengeluh mengalami sakit kepala dan mual.
Pihak berwenang mengatakan bau busuk berasal dari pabrik yang dioperasikan oleh perusahaan Amerika Serikat, Lubrizol, di kota Rouen.
Menurut mereka, pabrik memproduksi mercaptan, bahan tambahan yang tidak berbahaya. Bahan tersebut biasanya digunakan dalam pembuatan pelumas industri dan cat.
Perusahaan Lubrizol mengatakan pada Selasa (22/01) kebocoran yang terjadi sejak sehari sebelumnya semestinya bisa diatasi dalam waktu beberapa jam.
"Gas ini menimbulkan bau tidak enak tetapi tidak beracun," pernyataan Lubrizol.
Meskipun pihak berwenang menegaskan bahwa kebocoran ini tidak berbahaya, ribuan orang mengeluh mengalami gangguan setelah menghirup gas yang berbabau seperti telur busuk.
Mereka tetap membanjiri layanan darurat dengan berbagai pengaduan.
Selain di kawasan Prancis utara, bau busuk juga dirasakan di jalan-jalan ibukota, Paris, sekitar 100 kilometer dari pabrik.
Wartawan BBC di Paris Christian Fraser melaporkan perubahan arah angin ke utara membuat bau busuk menyebar ke Kent, wilayah pesisir Inggris selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar