Kamis, 10 Mei 2012

Peserta Serbu Technical Meeting JOS


PALEMBANG – Technical meeting (TM) Journalist to School (JOS) berlangsung spektakuler. Ratusan peserta JOS yang hadir tampak antusias mengikuti jalannya acara yang digelar di Sjailendra Room, Hotel Sandjaja, kemarin.
Hadir dalam acara, Sekretaris Perusahaan PT Pusri M Zain Ismed, Bagian Bisnis BNI Kanwil Palembang Agus Mayudi, Public Relations (PR) PT Pertamina RU III Husni Thamrin, dan perwakilan juri JOS, Prof Dr Hj Ratu Wardarita MPd. Perwakilan Medco Energi akan hadir khusus ketika babak penyisihan.
Meski acara baru dijadwalkan berlangsung pukul 13.00 WIB, para peserta sudah tiba di lokasi satu jam sebelum acara dimulai. Datang mengenakan seragam sekolah, para peserta langsung diarahkan panitia JOS ke meja registrasi, untuk selanjutnya mengambil kertas undian lokasi lomba yang bakal diikuti. Kertas undian berisi nama empat region lokasi babak penyisihan, yakni BNI (11 Mei), PT Pertamina RU III (9 Mei), PT Pusri (4 atau 5 Mei), dan Medco Energi (2 Mei).
General Manager Harian Pagi Sumatera Ekspres, H Subki Sarnawi, menyatakan, sangat surprise dengan pencapaian jumlah peserta yang melebihi target. Meski persiapan yang dilakukan hanya beberapa minggu, jumlah peserta yang mendaftar program kerja sama Sumatera Ekspres, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Disdikpora Palembang itu melebihi target 200 peserta.
Hingga akhir pendaftaran pada Kamis (19/4) lalu, total peserta yang mendaftar berjumlah 312 orang. Jumlah itu pun sudah hasil seleksi ketat. Sekitar 100 peserta dibatalkan ikut karena berbagai alasan. “Ini sebagai bukti adik-adik dan pihak sekolah sangat antusias mengikuti kegiatan ini,” ujar Subki.
Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut manajemen mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan, termasuk pihak sponsor, di antaranya PT Pertamina, Medco Energi, PT Pusri, dan BNI.
Khususnya Wali Kota Palembang Ir H Eddy Santana Putra MT dan Disdikpora yang men-support penuh acara dan berharap agar Sumatera Ekspres menjadikan program yang sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan tersebut menjadi agenda tahunan Pemkot Palembang. “Kegiatan ini diharapkan menjadi shopping ide, wadah bagi para siswa untuk membuka wawasan dan menciptakan anak bangsa yang cerdas,” ujarnya.
Kepala Disdikpora Kota Palembang Drs H Riza Fahlevi MM menyampaikan apresiasi tinggi terhadap keluarga besar Sumatera Ekspres, yang telah menjadi mitra Pemkot Palembang dan Disdikpora Kota Palembang, atas banyaknya program positif bagi perkembangan dunia pendidikan di Metropolis.
“Mudah-mudahan kerja sama ini terus terjalin. Jika ada kegiatan lain kita siap men-support, apalagi untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di kota kita,” katanya. Kepada para peserta, dia mengimbau agar berusaha melakukan yang terbaik.
“Kalah menang itu nanti, yang jelas dengan ikut mendaftar berarti kalian sudah berani berpartisipasi dan berkompetisi dengan peserta lain,” tuturnya.
Selain itu, dengan aktif mengikuti berbagai kegiatan dan perlombaan, maka seorang siswa dilatih kreatif dan produktif sehingga menjadi siswa yang benar-benar SMART atau Sains, Manajemen waktu, Akhlak mulia, Realistis, dan Tulisan yang berkualitas).
Ketua Panitia JOS, Agus Srimudin, mengatakan, babak penyisihan akan dibagi menjadi empat region lokasi yakni: Pertamina dengan lokasi kegiatan Pertamina RU III (9 Mei), Medco di Graha Pena lantai II atau di CitraGrand City (2 Mei), Pusri di PT Pusri (4/5 Mei) dan BNI di lantai 4 gedung BNI atau di Palembang Square (PS) Mall dalam Gelegar BNI (11 Mei).
“Di setiap lokasi, babak penyisihkan akan berlangsung sekitar enam jam,” ujar pria yang juga menjabat sebagai wakil pemimpin redaksi Sumatera Ekspres itu. Nantinya, peserta akan mendapatkan pelatihan jurnalistik dasar (teknik liputan, menulis, fotografi, layout, dan kode etik jurnalistik) selama sekitar dua jam.
Setelah itu, peserta JOS akan langsung praktik wawancara dan menulis di lokasi. Dari setiap lokasi babak penyisihan akan diambil 25 peserta terbaik untuk maju ke babak grandfinal di Atrium Palembang Indah Mall (PIM) pada 25 Mei mendatang, pukul 13.00 WIB.
Bagi mereka yang berhasil menjadi juara di babak granfinal, akan mendapatkan sejumlah hadiah yang telah disiapkan oleh panitia JOS dan didukung oleh pihak sponsor, yakni: Juara 1, tur ke Malaysia dan tabungan pelajar sebesar Rp5 juta. Juara 2, tur ke Malaysia dan tabungan pelajar sebesar Rp4 juta. Juara 3, tur ke Malaysia dan tabungan pelajar sebesar Rp3 juta. Begitu juga untuk juara favorit versi kupon dan polling SMS (short message service) berhak atas hadiah tur ke Malaysia dan tabungan pelajar sebesar Rp1,75 juta. “Untuk juara harapan 1, 2, dan 3 juga disiapkan hadiah tabungan BNI masing-masing senilai Rp2 juta, Rp1,5 juta, dan Rp1 juta,” ujar Agus.(vin/ce1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar