Selasa, 22 Januari 2013

Jerman akan tarik simpanan emasnya

Terbaru  16 Januari 2013 - 16:24 WIB
Batangan emas di Bundesbank.
Jerman menyimpan emas di luar negeri karena kekhawatiran akan invasi Uni Soviet.
Bank Sentral Jerman, Bundesbank, akan menarik sebagian besar emas batangan yang disimpan di luar negeri pada masa Perang Dingin.
Dua pertiga dari cadangan emas Jerman dikirim ke Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat karena kekhawatiran akan diambil jika Uni Soviet menginvasi Jerman.
Sejumlah laporan menyebutkan dari sekitar 1.500 ton cadangan emas Jerman disimpan dalam bentuk emas batangan dan 450 ton berada di luar negeri dengan nilai sekitar U$120 miliar.
Badan Audit Federal Jerman pekan lalu mengkritik pemerintah Jerman yang dianggap tidak mengetahui dengan pasti nilai dari simpanan emas di luar negeri dan apakah batangan itu asli atau tidak.
Mereka menyarankan agar pemerintah Jerman melakukan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan nilainya.

Pertumbuhan melambat

Rencana menarik simpanan emas dari luar negeri ini diungkapkan di tengah-tengah melambatnya pertumbuhan Klik ekonomi Jerman.
Angela Merkel
Angela Merkel sudah memperingatkan ekonomi Jerman pada 2013 akan lebih sulit.
Sepanjang tahun 2012, ekonomi Jerman tumbuh 0,7%, jauh di bawah pertumbuhan 3% pada tahun sebelumnya.
Badan Statistik Jerman, Destatis, menegaskan pertumbuhan itu -walau menurun drastis- memperlihatkan perekonomian Jerman yang bertahan di tengah iklim ekonomi yang sulit dan resesi yang sedang melanda Eropa.
Namun para pengamat memperkirakan Jerman menghadapi risiko untuk memasuki resesi.
Bulan lalu, Bundesbank, menurunkan perkiraan pertumbuhan untuk tahun 2013 menjadi 0,4% dengan kemungkinan perekonomian akan menyusut pada tiga bulan pertama 2013.
Dalam pesan tahun baru 2012, Klik Kanselir Angela Merkel sudah memperingatkan bahwa perekonomian Jerman pada tahun 2013 ''akan lebih sulit''.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar