Selasa, 04 Desember 2012

Tes Terakhir di Jerez, Ducati Fokus Sasis danSrmwinga


Alfa Mandalika - Okezone
Sabtu, 1 Desember 2012 16:01 wib
Nicky Hayden.(foto:Reuters)
Nicky Hayden.(foto:Reuters)
JEREZ – Pembalap Ducati Nicky Hayden melalukan tes terakhir untuk mengumpulkan data sebanyak mungkin menghadapi musim 2013. Kali ini Ducati terpaksa hanya mengandalkan Hayden untuk mencari bahan masukan pengembangan Desmosedici 2013. Pasalnya, rekan satu timnya, Andrea Dovizioso, mengalami cedera leher.
 
“Banyak hal yang tidak berjalan secara lancar, tetapi tes harus tetap berjalan untuk mengubah menjadi sesuai rencana,”ujar Hayden, seperti dilansir Crash.net.
 
Dalam dua hari pertama dalam tes ini, Hayden mengawali tes dalam cuaca yang cukup cerah meski dingin. Setelah pada Rabu menjalani program tes secara penuh, pada Kamis, Hayden mengukir catatan terbaiknya, walalu insiden kecil sempat mengganggu.
 
Di hari terakhir, Hayden harus menghadapi angin dan hujan, namun dia tetap merampungkan tes untuk mencari perbandingan yang tepat antara penggunaan ban keras dan lunak.
 
Secara keseluruhan Hayden mencatat waktu terbaiknya 1menit 40.099 detik, lebih lambat dari catatan waktu yang ditorehkannya pada catatan resmi pada 2010 yaitu 1 menit 39.731 detik. Catatan itu membuatnya hanya kalah dari catatan the best WSBK lap of the week dan hampir sedetik lebih cepat dari catatan waktu pembalap Pramac Ducati Andrea Iannone.
 
“Beberapa hal tidak berjalan mulus sesuai harapan, tapi tes ini cukup berguna. Di hari pertama, kami harus berjuang untuk meningkatkan kecepatan, tapi kami mendapatkan sesuatu pada tes kemarin. Kami bisa mengevaluasi frame baru dan bagian swingarm, dan sejumlah kecil settingan baru,” kata Hayden.
 
Pada tes Jumat, cuaca di Jerez juga tidak mendukung.Sebab itu dia berharap cuaca cukup cerah hari ini supaya bisa melahap trek dan menguji sejumlah settingan untuk meningkatkan kecepatan. Dan yang tak kalah penting membawa data-data penting untuk pengembangan tim.
 
“Terima kasih untuk semuanya yang bekerja keras sepanjang tahun ini. Sekarang kita mempersiapkan untuk tes di Sepang pada Februari nanti,” ujarnya.
 
Tes Ducati kali ini memang difokuskan untuk menguji sasis dan swingarm yang akan digunakan pada GP13. Tes ini merupakan lanjutan tes sebelumnya yang dilakukan di Valencia. “Sekarang kami tinggal mengerjakannya di pabrik sepanjang musim dingin untuk memberikan paket yang kompetitif kepada pembalap kami di tes Februari di Sepang,” ujar manajer tim Vittoriano Guareschi.
(fit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar