Rabu, 16 November 2011

Upaya Minimal Repsol Honda Menghasilkan Power yang Maksimal


Upaya minimal yang menghasilkan hasil yang maksimal. Setidaknya itulah yang terjadi pada kubu Repsol Honda. Kedua pembalap ini melakukan uji coba selama dua hari di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia dengan ‘santai’. Terbukti, Dani Pedrosa menghabiskan waktu selama tujuh jam untuk mengitari Valencia dengan hanya sebanyak 45 lap. Casey Stoner bahkan hanya keluar di atas lintasan untuk mencatatkan lap times sebanyak 33 putaran.

Meskipun demikian, kedua pembalap ini mampu merajai dua hari post season test dan menjadi pace-setter. Dani Pedrosa mampu mencetak waktu terbaik 1 menit 31,807 detik pada lap ke-12, ia mengungguli 0,161 sekon dari team-matenya tersebut. Keduanya fokus untuk membenahi set-up motor, dan membandingkannya dengan data yang mereka punya ketika melakoni tes motor 1000cc sebelumnya.
Dani Pedrosa bekerja pada engine-mapping dan ban Bridgestone yang terbaru. Selain itu, pembalap Spanyol ini membenahi set-up basic dari tunggangan barunya sebagai langkah persiapan untuk melanjutkan pengembangan RC213V pada tes berikutnya.
Pembalap berusia 26 tahun ini menjelaskan, “Hari ini kami melewati hari yang baik seperti kemarin. Pada dasarnya kami telah bekerja pada engine-mapping, untuk mengatur tenaga pada motor, dan guncangan pada sektor belakang. Perubahan yang telah kami lakukan pada motor ketika di Brno dan jika dibandingkan di sini merupakan hal yang positif dan kami menyelesaikan tahun ini dengan menyenangkan. Akan menarik untuk pergi ke Sepang dan melanjutkan pekerjaan pada kondisi yang sangat berbeda daripada di sini, dengan memakai kompon ban yang lebih keras dan permukaan trek yang lebih panas. Jadi, saya meninggalkan Valencia dengan mood yang bagus, dan saya lebih senang dengan kemajuan yang telah kami buat daripada catatan waktu itu sendiri, yang mana catatan waktu tersebut bukanlah hal yang sangat penting bagi saya dalam melakukan tes musim dingin ini.”

Casey Stoner masih mendapati getaran pada sektor depan RC213Vnya. Masalah ini diklaim telah timbul sejak lama, dan masih berlanjut pada motor anyar miliknya. Meski demikian, secara keseluruhan pembalap Australia ini senang dengan kemajuan yang terdapat pada ‘mainan barunya’ ini.
Pembalap yang memenangkan BMW-Award setelah mencetak pole position terbanyak sepanjang musim ini tersebut mengatakan, “Sejujurnya, semuanya telah berjalan dengan sangat bagus. Pada hari pertama kami hanya perlu membandingkan motor ini dengan motor yang kami tes pada awal tahun ini. Ada beberapa kemajuan kecil trutama dalam hal penyesuaian kerja motor terhadap ban baru 2012. Ban depan telah menimbulkan banyak getaran, jadi ini adalah sesuatu yang sedang kami coba untuk benahi. Motor yang baru sedikit membantu mengurangi permasalahan tersebut namun kami akan membenahi permasalahan tersebut kembali nanti. Masalah yang telah kami dapatkan sejak era 800cc adalah sedikitnya feeling dan beberapa getaran yang timbul dari sektor belakang motor saat memasuki tikungan yang mana hal tersebut adalah sesuatu yang harus dibenahi terhadap RC213V namun kami yakin kami mengetahui arah untuk membenahi situasi ini. Keseluruhan, tes kali ini positif dan inilah akhir dari musim yang panjang.”

Suami Adriana Stoner ini tak sabar ingin segera berlibur pada musim dingin ini dan menanti kelahiran anak pertama mereka. Juara dunia MotoGP 2011 tersebut mengatakan, “Saya tak sabar untuk pulang ke rumah dan beristirahat sejenak, menikmati waktu bersama keluarga dan teman serta mempersiapkan kehadiran buah hati kami pada bulan Februari nanti, kemudian kami akan kembali ke Sepang dalam keadaan bugar dan bersiap untuk 2012.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar